Sunday 12 October 2014

Hal-Hal Kecil Yang Menghabiskan Uang Entah Kemana

Setiap harinya kamu beraktivitas, tentu semuanya berhubungan dengan pengeluaran. Ya, wajar saja semua kegiatan apapun didukung oleh uang. Tidak dipermasalahkan jika pengeluaran itu untuk hal yang penting dan menguntungkan bagi kamu. Namun, ada beberapa hal kecil yang sering kamu abaikan yang hanya membuat kamu rugi dan uang itu terbuang sia-sia dan tidak ada manfaatnya sama sekali. Hal itu juga berperan sebagai pemicu lambatnya kesuksesan dan kekayaan kamu.

Pada halaman ini Maphh akan memberitahu hal-hal kecil yang membuat uang habis entah kemana. Langsung saja!

Hal-hal yang membuat uang habis nggak jelas!

1.Mengisi ulang baterai handphone dalam keadaan lowbat total
baterai lowbat total
Baterai lowbat via rutinacaracol.blogspot.com
Sangat tidak dianjurkan bagi kamu untuk melakukan isi ulang sampai baterai handphone benar-benar habis daya. Lakukanlah pengisian baterai sebelum mencapai dibawah 30%. Karena, jika kamu mencolokkan charger pada handphone yang lowbat total. Hal itu membuat baterai kamu sedikit terkejut menerima arus masuk. Sehingga hal itu bisa membuat baterai tidak stabil yang lama-kelamaan berpengaruh pada umur baterai telepon genggam kamu. Pada saat tidak terduga baterai kamu rusak, mau tidak mau kamu terpaksa harus membeli baterai baru.

2.Membiasakan selera untuk jajan atau makan di luar setiap hari
makan di luar rumah
Makan siang di luar via polimoli.com
Ya, hal ini sudah tentu dibilang pemborosan. Jika kamu bisa mengusahakan untuk membawa bekal dari rumah hal itu akan lebih menghemat pengeluaran. Karena akan lebih murah membeli bahan yang belum jadi. Tentukan bahan-bahan yang bisa diolah dengan cepat di pagi hari sebelum berangkat kerja. Jika kamu lebih sering memilih makan di luar pada jam istirahat kerja, hal itu lama-kelamaan akan mengikis keuangan anda. Untuk itu cobalah untuk mengurangi kebiasaan ini secepat mungkin.

3.Menunda perbaikan kendaraan
menunda perbaikan mobil
Menunda perbaikan via www.berkshiremotorcarcompany.com
Jika kamu menemukan sedikit saja kerusakan pada mesin ataupun bagian luar kendaraan, sangat disarankan kamu segera mengatasinya. Jika kamu masih menunda-nunda, kerusakan kecil tentu akan semakin menjamur menunggu kamu memperbaikinya. Kemudian kerusakan berangsur semakin parah. Pada akhirnya kamu ke bengkel dan dikenakan biaya operasi yang tidak sedikit. Tentu hal itu sangat menguras keuangan anda secara tidak diduga. Maka, mulailah untuk lebih memperhatikan kendaraan yang merupakan kaki pendukung kamu bekerja.

4.Masih menyalakan peralatan elektronik yang sudah selesai dipakai
barang elektronik still on
Masih menyala via www.mediapendidikanganesha.com
Ini terbilang hal-hal kecil, seperti kamu lupa mencabut charger yang sudah selesai dipakai, lupa mematikan lampu di ruang tamu pada malam hari, menghidupkan musik kemudian ditinggal. Namun, pada kenyataannya jika hal-hal ini terus menerus kamu lakukan setiap hari hingga sampai berminggu-minggu. Maka, bersiap-siaplah untuk menerima tagihan listrik yang besar. Atau bagi kamu pengguna listrik prabayar, kamu akan lebih sering melakukan isi ulang pulsa listrik. Ya, sudah sangat jelas ini boros dan yang kamu lakukan itu sia-sia.

5.Sengaja melanggar lalu lintas
melanggar rambu lalu lintas
Langgar lalu lintas via www.pikiran-rakyat.com
Bagaimana jalannya uang keluar karena melanggar lalu lintas? Begini, suatu saat kamu bernasib kurang beruntung dan ditilang sama petugas di jalan .raya alias pak Polisi. Karena kamu telah melakukan pelanggaran. Kalau surat atau kendaraan sudah ditilang, tentu kamu harus menghadiri sidang untuk melakukan penebusan. Penebusan sudah pasti pakai uang kamu. Apalagi biaya menebus itu lumayan bikin kamu gigit jari dan merasa kurang rela ngeluarinnya. Maphh berharap kamu tidak berbuat nakal lagi di jalan raya sana, dan segera lengkapi surat serta perangkat berkendara kamu. Kan sayang uangnya keluar nggak jelas gitu karena ulah kamu sendiri.

6.Melakukan transaksi di ATM bank lain
transaksi atm di bank lain
Transaksi di atm via economy.okezone.com
Ya, sudah jelas kamu membuang uang. Misalnya, kamu punya kartu ATM bank BCA, kemudian kamu mau melakukan penarikan saldo. Kamu melakukannya di ATM bank BRI. Pada saat memasukkan kartu ATM  dan pengecekan saldo saja kamu sudah kena biaya sekitar Rp.5.000, kemudian dilanjutkan menarik saldo dipotong lagi Rp.5.000. Sudah Rp.10.000 kamu dikenakan biaya hanya untuk melakukan penarikan tunai, belum lagi kamu sempat melakukan transaksi lain. Namanya juga menumpang di ATM milik bank lain, menumpang mana ada yang gratis. Kalau kamu sering melakukan hal ini, bisa dipotong semua saldo kamu sampai habis. Maka, usahakanlah melakukan transaksi di ATM  bank yang bersangkutan.

7.Mengabaikan kerusakan kecil pada rumah
Rumah rusak
Kerusakan rumah via proevalue.com
Hal ini tidak berbeda jauh dengan kendaraan. Namun, rumah sangatlah penting dibanding kebutuhan lainnya. Jika rumah kamu mengalami kerusakan, segeralah melakukan perbaikan walau sekecil apapun kerusakan itu. Misalnya, genteng bocor kalau tidak segera diperbaiki pada saat musim hujan air merembes masuk ke langit-langit dan membuat bagian lainnya jadi lapuk. Hal itu akan menjadi parah ketika musim panas datang yang membuat banyak bagian jadi berkarat. Pada saat musim hujan datang lagi rumah kamu bakalan jadi lebih parah dan berubah menjadi gubuk derita. Maka, perhatikanlah kerusakan-kerusakan kecil apapun di rumah kamu sebelum biaya besar keluar karena mengabaikan masalah kecil.

8.Membeli bahan makanan terlalu banyak
isi kulkas penuh
Isi kulkas via blog.sterilite.com
Pertimbangkanlah ketika membeli bahan makanan yang belum langsung dipakai atau dimasak. Perkirakan banyaknya yang akan dimasukkan ke lemari penyimpanan makanan sesuai kebutuhan. Kalau bisa belilah bahan yang memang langsung akan digunakan agar kapasitas di kulkas tidak terlalu padat. Terlalu banyak bahan yang dimuat membuat kamu bingung untuk menyusunnya. Terpaksa kamu menumpuk sehingga membuat kulkas jadi penuh dan banyak bahan yang terabaikan atau terselip di dalamnya. Karena tidak dipakai-pakai bahan berubah menjadi busuk. Kalau sudah busuk sudah pasti dibuang karena tidak bisa dipergunakan lagi. Hal ini sama saja membuang-buang uang.

9.Membeli barang yang kurang penting
Barang tidak terpakai bertumpuk
Barang bertumpuk via www.champersandwellies.co.uk
Sama halnya seperti belanja bahan makanan. Semakin bertumpuk pakaian dilemari semakin bingung yang mana yang akan kamu pakai setiap harinya. Banyak pakaian baru yang kamu beli, tapi pada kenyataannya yang sering kamu pakai itu adalah yang sudah kamu fovoritkan sebelumnya. Yang baru dibeli malah menambah tumpukan di lemari sehingga tumpukan itu bisa jadi sarang tikus yang akan membabat baju-baju kamu. Kemudian  pakaian itu rusak pada akhirnya jadi lap meja tukang mie sop. Daripada membuangnya, disarankan kamu segera memilih yang jarang kamu pakai dan dijual ke teman agar isi lemari kamu berangsur rapi.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu sadari untuk segera dirubah agar kamu menjadi pribadi yang lebih minimalis. Jika kamu sudah bisa menghindarinya, pengeluaran pun lebih berkurang dan kamu jadi lebih tahu memilih pengeluaran yang pasti dan menguntungkan.

Kalau kamu punya saran lain tentang Hal-hal kecil yang menghabiskan uang entah kemana, silahkan saja menulisnya di kolom komentar.

Terimakasih sudah membaca artikel Maphh.

No comments:

Post a Comment

Configuration After installing, you might want to change these default settings: